Madu yang berasal dari bunga Randu dipercaya memiliki khasiat khusus diantaranya:

Meningkatkan nafsu makan, memperlancar kinerja otak sehingga dapat meningkatkan kecerdasan, lebih cepat membantu menurunkan demam, mencegah radang hati, menghilangkan bau mulut akibat jamur dan bakteri serta memperlancar BAB.

Nektar Bunga Randu

Untuk konsumsi anak-anak dan ibu hamil, madu dari nektar bunga randu dipercaya paling aman dan paling unggul, hal ini disebabkan oleh karakter madunya yang lembut dan terasa full-bodied di namun tidak terlalu manis sehingga tidak membuat anak-anak merasa eneg. Kelembutan karakter madu bunga randu akhirnya menjadi pilihan remaja putri untuk bahan masker wajah yang paling tepat.

Bunga randu termasuk yang paling disukai lebah karena selain menghasilkan cairan nektar yang berlimpah, randu juga menghasilkan tepung sari bunga / bee pollen yang banyak. Pohon randu pun dikenal sebagai sumber yang kaya propolis. Karenanya para peternak lebah menganggap bunga randu sebagai surga perlebahan.

Keberadaan tanaman randu di Indonesia akhir-akhir ini makin sangat sedikit jumlahnya. Sebelumnya selama berabad-abad masyarakat nusantara memakai bunga randu yang dikenal dengan nama kapuk untuk segala keperluan kasur, bantal, alas duduk sampai permadani.

Semenjak masyarakat Indonesia mulai memakai spring bed untuk bahan kasur, mulai memakai sponge untuk sofa di ruang tamu dan mulai mengenal bulu angsa atau feather untuk bantal dan gulingnya, keberadaan pohon randu mulai terpinggirkan. Hal ini diperparah dengan sifat kayu randu yang ringkih dan lunak sehinggan tidak bisa diandalkan untuk menjadi furniture yang mewah.

Gaya hidup penduduk bumi sekarang yang sering belanja online juga mengancam keberadaan pohon randu karena semakin banyak ditebang untuk dijadikan palet pada pengiriman barang.