Tahukah Anda jika sarang lebah atau honeycomb juga dapat dikonsumsi? Meskipun belum sepopuler madu, ternyata manfaat honeycomb tak kalah penting untuk kesehatan, terutama dalam menjaga daya tahan tubuh.

Apa itu honeycomb dan apa bedanya dengan madu?

Honeycomb adalah bagian dari sarang lebah yang berbentuk penampang dengan sel berpola segi enam (hexagonal). Honeycomb dibuat oleh lebah dengan menggunakan getah madu. Ia memiliki kadar air yang sangat sedikit, berbeda dengan madu pada umumnya, sehingga tampak lebih padat dan memiliki getah yang banyak. Honeycomb juga mengandung madu murni di setiap selnya, yang tidak tersentuh proses campur tangan manusia saat mengambil dan mengolah madu.

Di saat madu hanya digunakan sebagai bahan pemanis, honeycomb bisa menjadi bahan makanan dengan rasa yang manis, namun cenderung aman untuk kesehatan gigi dan mulut. Getah madu pada honeycomb juga mengandung vitamin A dan C yang baik bagi kulit sehingga dapat digunakan sebagai bahan krim dan sabun.

Kandungan nutrisi di dalam honeycomb

Honeycomb mengandung sekitar 391 kalori per 100 gram, dan mengandung lemak tak jenuh yang baik bagi kesehatan. Kandungan nutrisi terbesar dari honeycomb adalah sodium (563 miligram) dan mineral seperti potassium (115 miligram) dengan karbohidrat total sekitar 89 gram. Selain itu, honeycomb juga mengandung sedikit serat pangan dan protein yang masing-masing 3 gram.

Meskipun dikonsumsi bersamaan dengan madu, pada dasarnya honeycomb memiliki jumlah dan jenis kandungan nutrisi yang lebih sedikit. Madu dan getah madu memiliki kalori, gula, vitamin dan mineral seperti kalsium dan zat besi yang lebih banyak namun rendah akan sodium jika dibandingkan dengan honeycomb. Baik madu dan honeycomb tidak memiliki lemak jenuh dan lemak trans sehingga tidak terdapat kalori dari lemak.

Manfaat honeycomb bagi kesehatan

Berikut beberapa manfaat yang dapat diperoleh saat mengonsumsi honeycomb:
Mempercepat penyembuhan luka – madu murni yang terdapat pada honeycomb kaya akan vitamin dan mineral potassium yang berguna untuk perbaikan sel yang rusak dan mempercepat penyembuhan. Selain itu, madu memiliki zat anti-mikroba alami yang bermanfaat mencegah infeksi.

Manfaat HoneyComb