Lebah pekerja dewasa bertugas mencari nektar bunga pada radius 5 – 10 kilometer dari sarangnya. Untuk memenuhi lambung penampungannya, bisa jadi dia berpindah dari satu bunga ke ratusan bunga lainnya. Nektar bunga yang baru dihisap masih sangat encer dengan kisaran kadar air 60%-70%.

Tanda Madu Telah Matang Bali Honey

Dalam lambung penampungannya, nektar yang baru dihisap bercampur dengan beberapa enzim diantaranya enzim diastase yang merubah nektar menjadi madu dan pencampuran ini menjadikan nektar yang sudah menjadi madu tersebut menjadi lebih kental.

Saat tiba kembali di sarangnya, lebah akan mengeluarkan madu dari lambung penampungannya untuk ditempatkan dalam sel/rongga sarang yang berbentuk hexagonal. Namun apabila dianggap masih terlalu encer, maka lebah akan memberikannya kepada lebah lain untuk mencampur madu tersebut dengan enzim yang ada di dalam lambung temannya, bila perlu diberikan lagi ke beberapa lebah selanjutnya sampai dirasa cukup kental untuk ditampung dalam sel sarang.
Ini tingkah laku lebah yang unik sekaligus menjadi gambaran bahwa kerjasama antar lebah dalam koloni sangat kompak.

Pada saat madu sudah ditampung pada rongga sarang, maka tugas lebah penunggu yaitu lebah pekerja muda untuk menguapkan kandungan air dalam madu tersebut dengan cara mengepakkan sayapnya bergiliran siang dan malam selama beberapa hari sampai madu dianggap cukup matang. Proses ini disebut evaporating. Tahap terakhir, mereka akan menutup rongga sarang dengan lilin lebah atau bees wax.