Phone/WA : 087861594646

Tentang Kami

balimadu

Mungkin koloni lebah Apis Cerana telah bersarang di atap rumah tua kami beberapa minggu sebelum kami menyadari. Tetangga membantu kami mengambilkan madu pertama lalu berbagi kegembiraan. Itulah awal dari bisnis keluarga di tahun 1980.

Kesan pertama itu memberi semangat kepada Paman kami untuk belajar banyak mencintai lebah. Berbagai workshop dan pembinaan diikutinya dengan antusias, termasuk dari Dinas Kehutanan. Pada tahun 1982 Paman mendapatkan hadiah satu koloni Apis Meliferra dari Pemerintah yang berkembang biak menjadi ratusan kotak sekarang ini.

Menangani lebah dengan cinta terbaik, turut menjaga alam dalam kendisi yang terbaik sampai pada membina hubungan terbaik dengan petani buah, telah menempatkan kami pada simbiosis mutualisme yang berpadu harmonis menghasilkan mutu produk madu terbaik dan terjaga selama beberapa dekade.

Kami generasi kedua, berkomitment menjaga integritas bisnis ini agar lebih bermanfaat bagi lingkungan dan banyak orang, melakukan inovasi dan pembenahan tanpa mengurangi kearifan yang sudah menjadi budaya kerja perusahaan kami.

Bali Honey

Visi – Vision

Menjadi panutan penyedia produk perlebahan kwalitas terbaik dengan pola penanganan yang mengedepankan keseimbangan manusia dengan alam serta Fair Trade Business

Misi – Mission

Mengembangkan usaha produk perlebahan yang professional dan terpercaya serta turut mendukung kelestarian ekosistem yang bermanfaat bagi kesehatan dan keseimbangan hidup dalam pola bisnis yang jujur

Nilai Inti – Core Value

Jujur, Tanggung Jawab, Visioner, Disiplin, Kerjasama, Adil, Peduli

Keunggulan

Kepulauan tropis Indonesia sudah terkenal dengan kekayaan alamnya semenjak berabad-abad silam dan saat ini tetap merupakan ekosistem terbaik bagi ribuan jenis flora & fauna. Keragaman ini berkontribusi besar terhadap kelengkapan nutrisi nektar dari ribuan jenis bunga pada cuaca yang nyaman dalam perbedaan hamparan, karakter tanah serta ketinggian daratan dari permukaan laut.

Kelemahan

Kebanyakan pencari madu dan pemelihara lebah belum menjalankan usahanya dengan bijak dan professional sehingga quantitas dan qualitas madu yang dipasarkan tidak konsisten. Hal ini diperburuk dengan berkurangnya kwantitas flora Indonesia & tingginya pemakaian bahan kimia yang berdampak pada harga madu makin tinggi yang ahirnya membuka peluang beredarnya madu dengan mutu rendah. Konsumsi madu dan produk perlebahan di Indonesia menjadi sangat rendah. Disisi lain, pengetahuan konsummen tentang madu juga minim sehingga mudah mempercayai mitos dan pendapat non ilmiah.

Tujuan – Goal:

Bali Honey, dengan strategi usahanya ingin merangkul semua pihak mulai dari pemerintah sebagai penguasa hutan, petani komoditas, para ahli, stake holders dan pencari madu serta pemelihara lebah sampai pebisnis korporasi untuk menghasilkan dan memasarkan produk perlebahan Indonesia dengan standard mutu internasional yang tetap melestarikan alam, dengen harga terjangkau sehingga semua orang bisa melengkapi nutrisi keluarga dengan madu dan produk perlebahan yang berkwalitas.

Ruang Lingkup Usaha

Sebagai perusahaan keluarga, Bali Honey lebih mengedepankan pendekatan kekeluargaan, memperhatikan setiap detail dengan penuh cinta dan tanggung jawab.

Dalam dekade ke 4 ini kami telah memiliki 490 koloni lebah yang biasanya kami bagi dalam 2 atau 3 lokasi gembala dibawah 3 supervisor lapangan. Dengan hasil panen rata-rata 1.2 ton madu per bulan. Sebuah angka yang kurang progressive untuk sebuah bisnis, namun kami telah berhasil membina 4 pemelihara lebah lainnya dengan standard mutu yang persis sama dengan Bali Honey sehingga akumulasi hasil panen keseluruhan bisa mencapi 6 – 8 ton madu, 200 kg bee pollen & 8 liter propolis per bulan. Kami bangga dengan rekan-rekan binaan kami.

Ekstrak Madu

Team Bali Honey bekerja untuk terus bisa berbagi pengalaman dan business value kepada rekan pemelihara lebah dan pencari madu hutan lainnya, sehingga bisnis bisa kerkompetisi dan berkolaborasi dalam fair trade yang sehat. Saat ini Bali Honey & rekan-rekan sedang mempersiapkan project pengelolaan madu dengan standard mutu ISO-2044.

Board of Trusty:

Founder: Ir. H. M. Hanafie
Manager: Ismail M. SE
Finance: Shanti AD, SE, S.Sos, MM
Veterinary: Drh. Deddy S
Senior Adviser: Dr. Angelia RD.

Top